Thursday, January 15, 2015

Si Topi Merah, Ikan Maskoki Oranda

Ikan Maskoki Oranda

Pertanian dan Peternakanku


Ikan Maskoki Oranda pilihan yang bisa menghuni akuarium di ruang santai. Jambul serupa mahkota mempercantik  penampilannya. Warnanya beragam, ada perak,  merah, hitam, putih, sampai kaliko. Awas jangan keliru dengan kerabatnya yang mirip lionhead.

Ada yang beranggapan maskoki oranda menurunkan bentuk ke jenis lain yang disebut lionhead. Walaupun mirip, tetapi keduanya dari jenis berbeda. Utamanya pada bentuk punggung dan panjang sirip ekor. Di kalangan pedagang ikan hias, maskoki oranda juga disebut spenser. Karena mempunyai jambul merah  di kepala, maskoki oranda dijuluki red cap alias si topi merah.
Pertanian dan PeternakankuSi Topi Merah, Ikan Maskoki Oranda

Corak Favorit Maskoki oranda


Maskoki oranda mempunyai banyak corak. Salah satunya kombinasi warna putih keperakan, dengan semburat merah di badan dan topi. Warna merah pada topi lebih cerah sehingga tampak lebih kontras dengan putih di pipi. Ada juga maskoki oranda yang tubuhnya didominasi putih. Semburat merah hanya di topi.



Awalnya kebanyakan maskoki oranda berwarna kuning keemasan. Seiring dengan kemajuan teknologi breeding maskoki, banyak warna lain yang muncul, antara lain cokelat, biru, kaliko bahkan hitam. Secara keseluruhan daya  tarik maskoki oranda bukan hanya warna dan topinya,  tetapi peran sirip tak kalah menonjol.

Sirip panjang pada ekor, perut, anal dan kaudal turut mempercantiknya. Semuanya berjumlah sepasang. Bentuk punggung pada maskoki oranda merupakan syarat keindahan vital, yang juga faktor pembeda lionhead dengan maskoki oranda. Lionhead bertubuh lebih gemuk dan sedikit bungkuk. Sirip dada, perut dan ekornya lebih pendek.
Koki rancu mempunyai tubuh mirip lionhead. Ada temuan baru jenis maskoki oranda, dengan hidung yang lebih menonjol. Breeder piawai telah menciptakan silangan lionhead dengan maskoki oranda. Terciptalah maskoki oranda lionhead. Jadi mungkin saja Anda bertemu maskoki oranda dengan kepala lionhead.

Beberapa maniak ikan maskoki juga berpendapat, jenis maskoki oranda fantail harus bersirip ekor (caudal) pendek seperti lionhead. Sebaliknya jenis veiltail bersirip ekor panjang. Sosok keseluruhan kunci kesempurnaan maskoki oranda. Namun karena cara pandang hobiis bervariasi, hanya juri yang bisa memastikan yang terbaik.
Lihat juga Cara Mudah Tangkar Kenari

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus