Wednesday, January 14, 2015

Cara Mudah Tangkar Kenari

Pertanian dan Peternakanku


Cara menangkar kenari ternyata tidak sulit. Induk sehat, pakan bergizi, kandang dan kondisi lingkungan yang sesuai adalah syarat utama keberhasilan. Dengan harga anakan yang tinggi, siapa tidak tergiur menangkarkan kenari?

Yudhi, peternak kenari sejak tahun 1997 berhasil menyilangkan beberapa jenis kenari, diantaranya yorkshire dan lancashire dengan berbagai kenari lokal. Pada dua tahun terakhir Yudhi menangkarkan kenari lizard.


Trend sekarang biasanya kenari berukuran tubuh besar seperti yorkshire. Kenari lokal umumnya berukuran tubuh kecil, panjang tubuh total dari ujung kepala hingga ke ekor tidak lebih dari 15 cm. Sementara yorkshire bisa mencapai 24 cm. Melihat peluang itu, peternak yang pernah menjuarai lebih dari 60 event lomba ini lantas mulai beternak kenari.

Pemilihan Induk Kenari


Untuk induk jantan, Yudhi menggunakan kenari impor (F1) atau bisa juga F2. Umur jantan paling tidak 9 bulan. Pilih kenari yang postur tubuhnya memanjang, tidak bulat. Bentuk kepala bulat, dengan pola bulu 75 %. Volume suara keras dan agresif. Induk betina dipilih yang telah berumur minimal 7 bulan.

Sebaiknya yang mempunyai volume suara keras dan agresif. Bila mungkin betina juga F1 dengan ciri sama seperti pada jantan. Penjodohan kenari biasanya sedikit bermasalah jika betina masih dara. Perlu sedikit kesabaran untuk melihat hasilnya. Untuk kenari dara biasanya dipasangkan dengan jantan yang agresif.
Dalam satu sangkar dapat diisi 3 hingga 5 ekor kenari kenari betina, sedang kenari jantan cukup satu ekor saja. Ukuran kandang bisa mulai dari 60 cm x 60 cm x 80 cm. Agar cepat berkembangbiak, Yudhi memanfaatkan baby sitter atau burung lain yang sedang mengeram untuk menetaskan telur. Untuk itu ia memelihara 40 pasang kenari holland yang dipekerjakan sebagai penetas telur.

Pakan Kenari


Pakan terdiri dari berbagai jenis biji-bijian. Yudhi memberi pakan terdiri dari campuran canary seed, biji lobak, biji sawi, niger seed dan milet dengan perbandingan 5 : 2 : 3 : 0,5 : 0,5. Jika Anda membeli pakan campuran di pasar, Yudhi menyarankan untuk mencucinya terlebih dahulu supaya pasir dan debu hilang.

Bila langsung dikonsumsi, pencernaan bisa rusak. Setelah dicuci, ditiriskan kemudian dijemur sampai kering benar. Bila tidak kering akan menyebabkan kenari diare. Selain itu pakan jadi berbau kurang sedap. Peningkatan gizi pakan dilakukan dengan memberi minyak ikan dan vitamin B komplek. Minyak ikan sebanyak 10 sendok makan dilarutkan dalam 0,51 air kemudian disemprotkan pada 5 kg pakan yang sedang dijemur.

Begitu juga vitamin B komplek. Pakan utama piyik berupa telur rebus. Sebanyak 1 kg telur direbus, diambil kuning telurnya kemudian dijemur sampai kering. Kuning telur kering ini lantas dihaluskan. Biasanya dicampur dengan havermut yang digiling halus. Pemberian pakan dilakukan sampai piyik kenari mulai bisa mematuk pakan sendiri. Umur 3 minggu piyik dapat disapih.  Perawatan yang perlu dilakukan antara lain menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.

Jangan lupa untuk menyediakan bak air agar kenari bisa mandi. Kenari menyukai udara hangat. Ventilasi udara ruang tempat hidup perlu diperhatikan. Bila terlalu pengap kenari bisa terserang asma sehingga umurnya pendek. Kenari juga tidak tahan kelembapan tinggi dan angin. Bila kenari memperlihatkan ciri-ciri tinjanya mengapur, bulu tegak seperti kedinginan, dan enggan terbang itu pertanda kurang sehat. Untuk menanggulanginya Yudhi memberikan Marvel It atau Viraprim.
Pertanian dan Peternakanku - Cara Mudah Tangkar  Kenari


Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus