Monday, March 10, 2014

Macam - Macam Tanaman Hias Polemoniaceae yang Menawan

pertaniandanpeternakanku.blogspot.co.id

Phlox Amoena



Nama lain : -
Famili        : Polemoniaceae

Tanaman tumbuh menyemak, percabangannya banyak, tinggi 15-30 cm. Daun berbentuk lanset, kecil, bertangkai pendek dan tegak. Bunga berwarna ungu, beberapa kuntum bunga berkelompok membentuk rangkaian perbungaan. Tanaman hias tahunan ini menyenangi sinar matahari penuh atau sedikit terlindung. Ia cocok ditanam sebagai salah satu eleman taman batuan. Perbanyakan tanaman dengan biji atau setek akar. Berasal dari Amerika Serikat.

Phlox Douglasii



Nama lain : -
Famili        : Polemoniaceae

 Tanaman hias ini sangat pas sebagai groundcover. Sosoknya pendek, hanya 10 cm, tetapi percabangannya banyak dengan bunga-bunga berlimpah sehingga tampak bagai hamparan permadani indah. Bunga kecil-kecil, berwarna ungu, bagian tengahnya kuning. Daun berukuran kecil, berbentuk lanset. Tanaman hias yang senang matahari penuh atau sedikit naungan ini diperbanyak dengan anakan atau biji. Berasal dari California sampai Kolombia.

Phlox Drummondii 'Cuspidata'



Nama lain : -
Famili        : Polemoniaceae

Jenis phlox ini sangat populer karena keindahan bunganya. Bunga berbentuk seperti bintang, berwarna merah cerah, dan sepanjang tepinya putih. Beberapa kuntum bunga berkelompok membentuk rangkaian perbungaan, dengan tangkai panjang. Daun berbentuk lanset, panjang 2,5-7,5 cm. Tanaman tumbuh tegak, tingginya kurang lebih 30 cm, hidup sebagai tanaman anual. Tanaman hias ini diperbanyak dengan setek atau biji.


Phlox Drummondii 'Globe'



Nama lain : -
Famili        : Polemoniaceae

Bunganya bisa digunakan sebagai bunga potong, lantaran bertangkai panjang dan banyak kuntumnya. Bunga berwarna putih, bagian tengah merah keunguan, membentuk perbungaan padat dan kompak. Daun kecil, berbentuk lanset. Tanaman hias anual ini tingginya hanya 15 cm, dengan percabangan banyak. Ia menyenangi sinar matahari penuh atau sedikit naungan. Perbanyakan dengan setek atau biji.

Phlox Drummondii 'Stellata'



Nama lain : -
Famili        : Polemoniaceae

Varietas ini juga cocok sebagai bunga potong. Bunganya berlimpah dan tersusun kompak pada tangkai perbungaan. Bunga berwarna merah, dengan bagian tengah putih bersih. Pola warna pada bagian tengah itu mirip bunga kecil yang muncul di tengah bunga besar berwarna merah. Tanaman anual ini menyenangi sinar matahari penuh atau sedikit naungan. Tanaman hias jenis ini yang masih muda sangat peka terhadap udara muda sangat peka terhadap udara dingin.

Phlox Paniculata 'Bright Eyes'



Nama lain : -
Famili        : Polemoniaceae

Jenis ini memiliki sosok tinggi, mencapai satu meter. Tumbuh sebagai tanaman hias tahunan, sehingga cocok sebagai tanaman pagar atau border. Tanaman tumbuh kompak dengan bunga-bunga melimpah. Bunga berwarna pink atau merah jambu, tengahnya keunguan. Daun berukuran besar, berbentuk lanset, dan tumbuh rimbun. Bunganya bisa digunakan sebagai bunga potong. Perbanyakan tanaman dengan pemecahan tanaman atau setek akar.

Lihat juga : - Anggrek Aneh dari Irian
                      - Ragam Helikonia Eksklusif
                      - Potensi Helikonia
                      - Sentuhan Bromelia 'Mewarnai' Landscape Taman

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus